shape
shape

Bidang-bidang dalam Struktur Organisasi

  • Home
  • Bidang-bidang dalam Struktur Organisasi

PROGRAM KERJA:

  1. Merencanakan program kegiatan dan anggaran untuk pengembangan organisasi dan Kerjasama di tingkat DPP
  2. Merencanakan, mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pengembangan organisasi (mencakup bidang-bidang tertentu yang relevan dengan struktur organisasi dan lainnya) dan kerjasama
  3. Memonitor, mengukur dan melaporkan tentang rencana- rencana pengembangan organisasi dan pencapaiannya di dalam bentuk-bentuk/format dan rentang waktu yang telah disetujui;
  4. Melakukan sosialisasi dengan setiap Bidang agar memahami semua aspek-aspek penting dalam pengembangan organisasi, dan memastikan telah mendapatkan informasi yang tepat dan mencukupi tentang sasaran, tujuan/obyektif dan pencapaian-pencapaian dari pengembangan organisasi;
  5. Melaksanakan koordinasi dengan Bidang-Bidang lainnya  secara periodik;
  6. Merumuskan dan menyusun prosedur pelaksanaan administrasi kegiatan pengembangan organisasi dan kerjasama;
  7. Menyusun rencana operasional (RENOP) tahunan di bidang pengembangan organisasi dan kerjasama;
  8. Memantau dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan pengembangan organisasi dan Kerjasama yang telah dilakukan;

PROGRAM KERJA:

  1. Melakukan review dan penyusunan peraturan akademik
  2. Menyusun panduan kurikulum program studi Pariwisata
  3. Melakukan review dan penyusunan kembali aturan terkait dengan penyelenggaraan pendidikan , pembelajaran dan kurikulum Pariwisata
  4. Sosialisasi implementasi peraturan terkait pendidikan, pembelajaran dan kurikulum Program Studi Pariwisata
  5. Workshop atau pelatihan dosen dalam Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI)
  6. Workshop atau pelatihan dosen dalam bentuk Applied Approach (AA)
  7. Workshop atau lokakarya pengembangan kurikulum program studi Pariwisata
  8. Workshop pembelajaran Student Centered Learning (SCL) yang kreatif dan inovatif
  9. Workshop atau pelatihan penulisan bahan ajar atau modul yang terintegrasi dengan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat
  10. Workshop pembelajaran berbasis e-leraning bagi para dosen di lingkungan anggota
  11. Pelatihan atau workshop pembelajaran berbasis teknologi informasi/e-learning
  12. Pengembangkan sistem informasi yang mendukung proses pembelajaran dan kurikulum Pendidikan Tinggi Pariwisata

PROGRAM KERJA:

  1. Meningkatkan layanan kepada Anggota dalam upaya peningkatan jumlah penelitian.
  2. Melakukan  kerjasama dengan para Anggota untuk kegiatan penelitian atau kegiatan lain yang menunjang pelaksanaan Tridharma.
  3. Membuat roadmap penelitiaan berskala nasional dan internasional yang dapat menganagkat reputasi Hildiktipari
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi, dokumentasi dan pelaporan kegiatan penelitian dan publikasi untuk meningkatkan mutu hingga melampaui standar mutu nasional.
  5. Melakukan evaluasi, menyempurnakan dan mensosialisasikan regulasi dan kesesuaian penelitian dengan bidang unggulan yang menjadi sasaran
  6. Memberikan pelatihan kepada dosen untuk meningkatkan kemampuan menulis proposal penelitian dan proposal pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.
  7. Peningkatan kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan lembaga pemerintah khususnya Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemenristek/BRIN dan lembaga lain, seperti Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik maupun lembaga pemerintah dan swasta lain.
  8. Peningkatan perolehan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari pihak eksternal melalui kegiatan sosialisasi dan memberikan motivasi dan dukungan fasilitas kepada para peneliti.

PROGRAM KERJA:

  1. Mencari solusi pendanaan dalam membantu keuangan organisasi melalui kegiatan kolaborasi dengan Bidang lain yang terkait dalam lingkup Tridarma atau kegiatan lainnya sebagai alternatif sumber pendanaan
  2. Menciptakan inovasi sumber-sumber dana baru dalam menjaga keberlanjutan Organisasi melalui program-program yang dijalankan seperti: membuat merchandise, memberikan layanan jasa pelatihan-pelatihan, menyelenggarakan seminar-seminar baik untuk Anggota atauapun non Anggota.
  3. Bekerjasama dengan instansi pemerintah atau swasta untuk mendapatkan dana-dana hibah.
  4. Bekerjasama dengan Bendahara dalam mencari sumber-sumber dana yang potensial

PROGRAM KERJA:

  1. Merancang Kebijakan yang dapat mendukung terlaksananya Program
    Untuk mencapai sasaran SDM pariwisata yang berkualitas
  2. Melakukan pemetaan data SDM baik dari aspek kualitas Pendidikan maupun Jabatan Fungsional Akademik Dosen dari setiap Anggota
  3. Menyelenggarakan workshop percepatan pengurusan Jabatan Fungsional Akademik LK dan GB bekerjasama dengan Bidang Pendanaan dan Usaha
  4. Melakukan Coaching Clinic Publikasi Artikel Internasional Bereputasi bekerjasama dengan Bidang Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat.
  5. Melakukan Evaluasi terhadap Program-Program yang telah dibuat dan dijalankan

PROGRAM KERJA:

  1. Melakukan penyiapan bahan pelaksanaan dan pelayanan administrasi dibidang Humas dan publikasi, meliputi : pelaksanaan kegiatan kehumasan, hubungan antar lembaga, dan publikasi dari setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh setiap Bidang.
  2. Mengupdate pemberitaan  kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Anggota pada website Hildiktipari
  3. Membuat Company Profile Hildiktipari.
  4. Mengagendakan silaturrahim keluarga besar Anggota Hildiktiapri melalui kegiatan-kegiatan Tridarma
  5. Membuat program Bakti Sosial kepada Masyarakat.
  6. Menjalin Kerjasama dengan para pihak baik dengan pemerintah, Swasta, Industri baik di dalam negeri maupun luar negeri

PROGRAM KERJA:

  1. Melakukan pendataan anggota dari setiap DPW yang terbentuk
  2. Membuat pemetaan analisis kebutuhan dari DPW
  3. Merencanakan program kegiatan dan anggaran untuk pengembangan organisasi dan Kerjasama di tingkat DPW
  4. Merencanakan, mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pengembangan organisasi (mencakup bidang-bidang tertentu yang relevan dengan struktur organisasi dan lainnya) dan kerjasama
  5. Memonitor, mengukur dan melaporkan tentang rencana- rencana pengembangan organisasi dan pencapaiannya di dalam bentuk-bentuk/format dan rentang waktu yang telah disetujui;
  6. Melaksanakan koordinasi dengan DPP  secara periodik;
  7. Merumuskan dan menyusun prosedur pelaksanaan administrasi kegiatan pengembangan organisasi dan Kerjasama di tingkat DPW ;
  8. Menyusun rencana operasional (RENOP) tahunan di bidang pengembangan organisasi dan Kerjasama di Tingkat DPW
  9. Memantau dan melakukan evaluasi terhadap kegiatan pengembangan organisasi dan Kerjasama yang telah dilakukan oleh DPW;

Program Kerja:

  1. Melakukan diskusi secara berkala dalam rangka updating kurikulum prodi pariwisata.
  2. Melakukan review kurikulum program studi Vokasi dan Akademik untuk menghasilkan kurikulum yang dinamis yang menyesuaikan dengan kebutuhan Masyarakat, dunia usaha dan industri
  3. Membangun jejaring dengan institusi terkait yang bereputasi dalam mengembangkan riset  kepariwisataan
  4. Mengaplikasikan hasil studi dan penelitian dosen dan mahasiswa kepada masyarakat luas sebagai salah satu bentuk  pengabdian masyarakat dengan menekankan kekhususan pada bidang kepariwisataan
  5. Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola program studi yang baik.